Mengapa Muslim Butuh Wisata Halal? Ini Alasannya

CHERIA | Berwisata untuk sekedar refreshing sepertinya sekarang sudah menjadi salah satu kebutuhan utama kebanyakan orang, apalagi yang sering mengalami stres kerja, rasanya ingin liburan di luar negeri kan? 

Tapi, mau kemanapun  berwisata pastikan memilih wisata halal apalagi sebagai seorang muslim, penting sekali untuk mempertimbangkan hal tersebut agar dapat menikmati fasilitas tanpa bermaksiat. 

Selain itu, ada beberapa hal lainnya mengapa penting bagi seorang muslim mempertimbangkan memilih program wisata halal dari Perusahaan travel yang berpengalamana menjalankan program wisata halal, baik wisata domestic maupun mancanegara. 

Apa Itu Wisata Halal?

Wisata halal merupakan konsep wisata yang sebenarnya tidak jauh berbeda dengan wisata pada umumnya, namun dalam wisata halal travel penyelenggara lebih memberikan ketersediaan makanan dan minuman yang halal, kualitas pendukung untuk beribadah, bisa menjalankan shalat saat dalam perjalanan.

Seperti dijelaskan dalam buku Laris Manis Bisnis Wisata Halal karya Cheriatna yang sekaligus Direktur Utama Cheria Halal Holiday, selain itu, memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi wisatawan Muslim untuk melaksanakan ibadah selama perjalanan.

Kemudahan itu dan kenyamanan ini bisa berupa penyediaan tempat shalat, pemberiatahuan waktu adzan setempat, pemisahan duduk laki-laki dan Perempuan yang bukan muhrim, penyediaan makanan dan minuman halal.

Wisata halal merupakan salah satu konsep wisata yang diprioritaskan oleh Kementerian Pariwisata sejak tahun 2015. Potensinya dapat dikembangkan hingga ke kancah global.

Sekarang sudah ada beberapa daerah yang telah menerapkan konsep wisata halal baik lokal maupun luar negeri. Pastinya juga, tidak hanya dari tempat wisatanya tetapi travel yang digunakan.

Alasan Muslim Membutuhkan Wisata Halal

Sebenarnya alasan utama seorang muslim membutuhkan wisata halal karena dirinya terikat dengan ajaran Islam. Sehingga, sudah menjadi kebutuhan urgensi itu sendiri untuk wisata dengan menggunakan konsep yang halal.

1. Mendapatkan fasilitas beribadah

Pengembangan destinasi halal dimulai dari menyediakan fasilitas dan layanan yang nyaman untuk beribadah. Terutama dalam shalat yang tidak hanya memberikan tempat ibadah dan area wudhu saja tetapi waktu juga dari travel untuk menyempatkan kewajiban tersebut terlaksana selama perjalanan. 

Tempat beribadah tentu saja harus sesuai dengan standar syariat Islam yaitu suci dari najis. Pastinya tempatnya layak dan mencerminkan peradaban kaum muslimin. Saat ini sudah banyak negara-negara yang memberikan fasiltas untuk kebutuhan muslim beribadah saat berwisata. Muslim friendly.

2. Menu masakan yang dikonsumsi halal

Alasan muslim membutuhkan wisata halal tidak hanya dari persoalan perlindungan diri dari pelecehan dan fasilitas ibadah spiritualnya saja. Tetapi untuk urusan pemenuhan kebutuhan jasmani seperti makanan juga harus dipastikan halal. 

Wisata yang menerapkan konsep halal tentu akan menyediakan makanan halal juga. Semuanya memperhatikan aspek syariat sehingga kita tidak kesulitan untuk mencari makanan halal di tempat tujuan wisata. 

3. Melindungi diri dari pelecehan 

Wisata halal Indonesia maupun mancanegara menerapkan konsep pemisahan tempat penginapan laki-laki dan Perempuan yang bukan muhrim. 

Hal ini tentu saja membuat kita sebagai muslim lebih terikat dengan hukum syariat yang mewajibkan kita untuk infishol atau terpisah antara pria dan wanita.

Adanya pemisahan ini tentu saja dapat meminimalisir dan melindungi diri dari pelecehan seksual di tempat wisata.  

Alasan inilah yang membuat muslim butuh akan adanya wisata halal di Indonesia maupun ketika berwisata ke luar negeri. Supaya semuanya aman dari gangguan dan menjaga kita tetap dalam koridor syariat. 

4. Mendekatkan diri kepada Allah 

Alasan muslim membutuhkan wisata halal, fungsinya untuk mendekatkan diri kepada Allah. Melalui layanan yang diberikan dalam konsep wisata tersebut menjadikan wisatawan muslim terus dalam ketaatan, terutama soal ibadah. 

5. Melalui travel yang peduli wisata halal

Untuk mendapatkan layanan berwisata halal ke domestic maupun mancanegara, bisa memanfaatkan travel yang berpengalaman menyelenggarakan program wisata halal, seperti Cheria Halal Holiday yang telah memiliki reputasi baik dalam melayani wisatawan muslim menggunakan konsep wisata halal.   

Jadi, dengan adanya wisata halal ini, membuka keberkahan bagi setiap muslim. Tidak hanya dapat refreshing-nya saja tetapi mendapatkan ridho Allah dalam setiap perjalanannya untuk merelaksasi diri.[] 

Get our best recipes & expert tips right into your inbox!

Join over 10k subscribers

By submitting above, you agree to our privacy policy.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *