6 Tips Menjadi Tour Guide yang Friendly dan Menyenangkan 

CHERIA | Saat wisatawan berlibur ingin mempunyai pengalaman berkesan pada tiap destinasi yang dikunjungi. Tentu saja mereka membutuhkan tour guide profesional yang ramah. Nah, tidak mudah untuk menjadi tour guide yang friendly dan membangun suasana menyenangkan. 

Menjadi  tour guide yang profesional membutuhkan pengetahuan mendalam terkait destinasi wisata, keterampilan komunikasi dan kemampuan manajemen kelompok secara efektif. Apa saja tips yang bisa dilakukan untuk menjadi pemandu wisata profesional? 

Tips Menjadi Tour Guide yang Friendly

Ada beberapa tips yang bisa diterapkan untuk menjadi pemandu wisatawan yang ramah dan menyenangkan. Terapkan kiat berikut!

1. Ikuti Program Mengawal 

Tour guide pemula ingin menjadi pemandu wisata profesional sebaiknya mengikuti program mengawal atau escorting. Tahapannya dimulai dari melihat pemandu wisata profesional saat memandu kelompok traveller, kemudian cara mereka memandu sebagian kegiatan wisata dan wisata secara mandiri. 

Melalui program ini tahapan tersebut harapannya agar dapat belajar dari sosok profesional ketika bertugas. Mulai dari hal-hal yang perlu disiapkan dan bagaimana cara mereka melayani, hingga menjadi pembelajaran berkesan untuk pemula.

2. Pelajari Destinasi Favorit

Tips menjadi tour guide yang friendly  dan menyenangkan menuntut kita untuk mempelajari terus-menerus terkait destinasi favorit. Tidak cukup belajar di institusi Pendidikan saja. 

Kuasai segala informasi yang berkaitan dengan kepariwisataan dari destinasi favorit. Selain itu perbanyak juga informasi umum sebab bisa saja wisatawan menanyakan hal-hal di luar dari pekerjaan seperti pendapatan masyarakat lokal di sekitar wisata tersebut. 

Ketika mampu menjawab hal-hal umum yang ditanyakan oleh para wisatawan, tentu saja kita mempunyai nilai dan kesan tersendiri. Dari sinilah seorang tour guide dianggap friendly dan menyenangkan. 

3. Tingkatkan Keterampilan Komunikasi

Pekerjaan tour guide memandu para wisatawan yang melibatkan interaksi secara intens sehingga perlu meningkatkan keterampilan komunikasi.

Perlu diketahui, seorang pemandu wisata harus bisa berbicara dengan jelas, bahasanya mudah dipahami dan menyesuaikan gaya komunikasi dengan kebutuhan kelompok wisatawan. 

Bila seorang pemandu wisata menguasai keterampilan komunikasi yang bagus dapat membantu hubungan baik sehingga memberikan kesan ramah. Jadi, koreksi apa yang kurang dari skill komunikasi kamu sebagai pemula. 

4. Adaptasi dengan Keberagaman Budaya

Tips menjadi tour guide yang friendly dan menyenangkan tentu harus menyesuaikan diri dengan keberagaman budaya para pelancong. Jadi, sebelum mulai memandu penting untuk mengenali atau mempelajari adat istiadat dan kebiasaan dari berbagai negara atau daerah yang sering dikunjungi wisatawan. 

Cara menjadi tour guide yang ramah ini dimulai dengan menghormati kepercayaan dan tradisi mereka serta menghindari tindakan atau komentar yang menyinggung. Intinya, kamu harus mempunyai sikap toleransi yang bagus terhadap destinasi tujuan.

5. Lakukan Manajemen Kelompok yang Efektif

Tugas tour guide yaitu memantau dan mengecek semua anggota kelompok selama tur. Oleh karena itu, penting bagi taman wisata mempelajari manajemen kelompok yang efektif. 

Sebab, tugasnya memberikan arahan yang jelas dan memastikan semua wisatawan memahaminya. Bersikap ramah dan sabar dalam menghadapi segala situasi yang mungkin timbul selama travelling.

6. Cheria Halal Holiday siap melayani wisatawan

Bila ingin mendapatkan tour guide profesional untuk momen berlibur, tentu saja harus memilih travel yang terpercaya dan resmi. Travel Cheria Halal Holiday merupakan Perusahaan yang berpengalaman memandu wisatawan dengan pelayanan ramah dan menyenangkan. 

Setiap tour guide Cheria mempersiap diri dengan baik agar wisatawan dapat menikmati liburannya dengan kesan yang sempurna. Menjadi pertimbangan menarik bagi yang mencari travel pemandu wisata handal. 

Demikian tips menjadi tour guide yang friendly sekaligus rekomendasi travel bagus untuk liburan. Semoga bermanfaat!

Get our best recipes & expert tips right into your inbox!

Join over 10k subscribers

By submitting above, you agree to our privacy policy.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *