Via Dell’Amore, Jalan Cinta di Italia Dibuka Kembali, setelah Satu Dekade Tutup

CHERIA | Destinasi wisata terkenal di Italia Via dell’Amore atau Jalan Cinta akan segera dibuka setelah ditutup satu dekade. Jalan Cinta merupakan kawasan wisata yang dianggap sebagai jalur paling romantis di dunia.  Letaknya di antara Riomaggiore dan Manarola. Penutupan jalur ini terjadi pada tahun 2012 setelah empat wisatawan terluka akibat tanah longsor.

Setelah melalui renovasi besar-besaran, jalur Via dell’Amore akan dibuka kembali pada tanggal 27 Juli 2024. Sebagian jalur pendakian sudah dibuka untuk wisatawan pada musim panas tahun lalu, namun hanya untuk pratinjau.

Via dell’Amore memiliki jalur sepanjang 1 kilometer melingkari lima desa yang merupakan bagian dari Situs Warisan Dunia UNESCO Cinque Terre. Berada di tepi pantai, jalur beraspal ini menawarkan pemandangan lanskap dan lautan yang menakjubkan.

Jalur ini awalnya dibangun pada masa modernisasi jalur kereta api antara Genoa dan La Spezia pada awal abad ke-20. Digunakan oleh pekerja kereta api untuk mencapai Riomaggiore dan Manarola saat terowongan sedang dibangun, jalan setapak ini diukir dari permukaan batu keras yang menjorok ke laut. Menurut legenda, jalan tersebut menjadi titik pertemuan pasangan kekasih dari kedua kota tersebut.

Proyek restorasi meliputi penutupan bebatuan di atas dan di bawah jalur dengan jaring baja, serta penanaman 8.800 tanaman untuk memperkuat lanskap. Sistem pemantauan juga telah diinstal untuk memberikan peringatan dini terkait potensi longsor.

Mengenal Warisan UNESCO Cinque Terre

Cinque Terre di Liguria, terdiri dari lima desa yang terkenal dengan bangunan berwarna-warni yang terletak di atas bebatuan di pinggiran laut ini merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO yang dikelilingi oleh taman nasional. Setiap tahun, sekitar 2,4 juta pengunjung datang untuk menikmati keindahan lingkungan yang menakjubkan dengan cara berjalan kaki, mengarungi laut dengan perahu, atau bersepeda.

Lima desa yang ada di Cinque Terre terhubung melalui jalur pendakian Sentiero Azzuro atau lebih dikenal dengan sebutan Jalan Biru. Jalan Biru merupakan salah satu jalur hiking yang paling populer di Taman Nasional Cinque Terre. Dimulai dari Riomaggiore menuju Monterosso al Mare melalui Manarola, Corniglia, dan Vernazza, jalur ini memiliki panjang total sekitar 12 kilometer dengan ketinggian maksimum sekitar 200 meter di desa Vernazza.

Jalur hiking ini bisa diselesaikan dalam waktu sekitar lima jam dan terbagi menjadi empat bagian. Bagian pertama dari rute ini adalah Via dell’Amore, yang menawarkan pemandangan luar biasa yang tak terlupakan bagi para pengunjung.

Batasi Turis Masuk

Sebagai salah satu lintasan paling terkenal di tepi laut Cinque Terre, Via dell’Amore sangat diminati oleh para pengunjung. Desa-desa yang tersebar di sini pernah mengalami masalah overtourism atau pariwisata yang berlebihan. Namun, sejak tahun lalu, aturan diberlakukan dengan memberlakukan denda hingga €275 atau sekitar Rp4,8 juta bagi wisatawan yang menghambat lalu lintas atau pejalan kaki karena terlalu lama berfoto selfie.

Liguria berupaya mencegah overtourism dengan mengenalkan sistem reservasi bagi pengunjung yang ingin menikmati jalur tersebut. Jumlah pengunjung yang diizinkan setiap jam terbatas hingga 400 orang dan pengunjung wajib memesan tiket secara online atau membelinya di loket tiket taman.

Tahun lalu, harga tiket dijual seharga €5 atau sekitar Rp88.000, termasuk akses masuk ke Kastil Riomaggiore. Mau mencoba?

 

Get our best recipes & expert tips right into your inbox!

Join over 10k subscribers

By submitting above, you agree to our privacy policy.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *