Wisata Halal di Eropa Barat, Berikut 5 Masjid yang Bisa Dikunjungi

CHERIA | Tidak sedikit pecinta wisata yang mengidam-idamkan pergi liburan ke Eropa Barat. Terutama sambil berwisata halal bisa berkunjung untuk beribadah ke beberapa masjid yang ada di Eropa Barat.

Sudah lazim, bahwa Eropa memiliki banyak pilihan negara yang bisa dikunjungi. Kalau masalah pemandangan dan destinasi wisata, Eropa tidak diragukan lagi.

Namun ketika Muslim berlibur wisata halal ke Eropa Barat, apakah mudah menemukan masjid untuk melakukan ibadah? Jangan takut, berikut ada 5 masjid yang ada di negara-negara Eropa Barat yang bisa kamu kunjungi saat sedang berlibur.

Rekomendasi Masjid di Eropa Barat yang Menarik Dikunjungi 

Ada beberapa rekomendasi masjid bersejarah yang menarik dikunjungi saat berwisata ke Eropa Barat, bisa pertimbangkan pilihannya di bawah ini.

1. Cologne Central Mosque di Jerman

Masjid Cologne Jerman/ Wikipedia

Masjid Cologne atau biasa disebut juga sebagai Masjid Agung Koln menjadi salah satu ikon di Jerman. Umat muslim di Jerman termasuk minoritas namun mereka memiliki masjid kebanggan yang megah dengan gaya arsitektur unik. Masjid Cologne memiliki luas 4.500 meter persegi dan mampu menampung hingga 4.000 jemaah.

Masjid Agung Koln  merupakan masjid terbesar dan termegah di Eropa. Masjid yang dibangun pada tahun 2009 ini didesain oleh arsitektur Jerman, Gottfried Bohm dan anaknya Paul Bohm.

2. Grande Mosquée de Paris di Paris

Grand Mosque di Paris/ Wikipedia

Grande Mosquée de Paris di Paris merupakan rekomendasi wisata halal Eropa Barat yang menarik dipertimbangkan. Jadi tidak perlu khawatir lagi jika ingin melihat menara Eiffel di Paris.

Kamu bisa mengunjunginya di Latin Quarter. Masjid ini sudah dibangun sejak tahun 1922-1926, bangunannya didominasi oleh menara setinggi 33 meter.

Terdapat ruang shalat dengan dekorasi yang rumit serta dilengkapi karpet mewah.  Di Mosquée de Paris sangat memungkinkan untuk menemukan tempat istirahat, restoran, dan toko. 

3. Westermoskee Amsterdam

Westermoskee Amsterdam/ Wikipedia

Wisatawan yang pernah berkunjung ke masjid Hagia Sophia di Istanbul Turki pasti tidak asing dengan arsitektur masjid ini. Masjid Westermoskee Amsterdam di Belanda di tepi  Kanal Schinkel, Chassébuurt, De Baarsjes barat Amsterdam.

Bagi yang mau wisata halal ke masjid bersejarah di Eropa Barat ini sekilas mengetahui sedikit informasinya tentu saja ide bagus untuk lebih awal mengenalnya. Nah, masjid ini didirikan pada tahun 2013 dengan satu kubah dan satu menara dengan pesona yang luar biasa.

4. Great Mosque di Brussel

Great Mosque di Brussel/ wikipedia

Masjid Agung Brussels yang terletak di kawasan elit Komplek Cinquantenaire Park, Brussels, yang tak jauh dari markas besar Uni Eropa, adalah masjid tertua di Belgia. Tak hanya berarsitektur cantik, Masjid ini juga memiliki sejarah yang yang menarik. Pada awalnya, bangunan ini tidak diperuntukkan sebagai masjid melainkan sebagai paviliun pameran kebudayaan negeri-negeri timur.

Masjid ini juga sempat difungsikan sebagai gedung eksibisi nasional Belgia, tepatnya di tahun 1879. Kala itu, eksistensi muslim di Belgia belum terlalu dikenal dan diakui. Seiring keberadaan komunitas muslim yang makin diterima di Belgia, masjid ini kemudian digunakan sebagai basis Islamic and Cultural Centre Belgium, Organisasi Islam pertama di Belgia.

5. Masjid Petit-Saconnex di Swiss

Masjid Petit-Saconnex di Swiss/ Wikipedia

Masjid Jenewa yang juga dikenal sebagai Masjid Petit-Saconnex merupakan masjid terbesar di kota Jenewa, Swiss. Dibiayai oleh Liga Dunia Muslim yang berbasis di Arab Saudi, masjid ini didirikan pada 1978 di lingkungan Le Petit-Saconnex.

Peresmian masjid dilakukan oleh Raja Arab Saudi Khalid ibn Abd al-Aziz dan Presiden Konfederasi Swiss Willi Ritschard. Masjid ini bisa menampung 1.500 jamaah, bangunan ini memiliki pintu masuk melalui atrium besar yang indah, penuh cahaya alami, dan menyambut lebih dari 100.000 pengunjung internasional setiap tahun.

Oya bagi wisatawan muslim yang ingin berwisata halal ke wilayah Eropa Barat. Cheria Halal Holiday adalah pilihan yang tepat untuk mengantarkan anda ke beberapa destinasi yang ada di Eropa Barat, tanpa kuatir dengan ibadah shalat yang selalu terjaga dan makanan yang halal. []

Get our best recipes & expert tips right into your inbox!

Join over 10k subscribers

By submitting above, you agree to our privacy policy.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *