Amsterdam, Kota Sejuta Sepeda, Mengapa?

CHERIA | Amsterdam kota sejuta sepeda yang menjadi pusat wisata dan budaya serta memiliki pelabuhan terbesar di Belanda. Ibukota ini juga tersimpan banyak bangunan dengan desain eksotik dan klasik. Lantas kenapa Amsterdam disebut sebagai kota sejuta sepeda?

Kita perhatikan sendiri, main di film-film maupun yang langsung liburan ke Amsterdam pasti banyak menyaksikan orang mengendarai sepeda. Ini termasuk budaya unik yang dimiliki orang Belanda, terkait fenomena ini itu ada alasannya.

Alasan Amsterdam Disebut Kota Sejuta Sepeda 

Amsterdam merupakan ibukota negara Belanda yang terletak di provinsi Holland Utara. Amsterdam diambil dari nama dari kata amsterdammer itu sebuah bendungan yang ada di sungai Amstel.

Ibukota negara Belanda ini merupakan kota dengan infrastruktur yang tertata dengan indah dan rapi. Banyak sekali turis berkunjung untuk liburan ke kota ini termasuk orang Indonesia. 

Selain keindahannya, beberapa fakta unik Amsterdam menjadi pusat perhatian banyak wisatawan. Bahkan sebagian besar penasaran mengapa disebut sebagai kota sejuta sepeda, untuk tahu alasannya baca ulasan berikut!

1. Mayoritas Warga Amsterdam Mengendarai Sepeda saat Beraktivitas 

Jika di Indonesia kamu mungkin sangat susah menemukan orang mengendarai sepeda tetapi di Belanda tepatnya di kota Amsterdam akan banyak dijumpai. Bahkan dari berbagai kalangan baik itu pekerja, belajar dan lainnya. 

Sepanjang jalan, bahkan dipenuhi dengan sepeda bukan dengan kendaraan berasap. Sebab, kota kota ini mempunyai jumlah sepeda lebih banyak dibandingkan penduduknya, mengherankan bukan?

Jadi, mayoritas warga Amsterdam mengendarai sepeda untuk kegiatannya sehari-hari. Baik itu bekerja, berangkat dan pulang kuliah maupun aktivitas lainnya.

2. Tersedia Jalur Khusus Sepeda yang Leluasa

Amsterdam kota sejuta sepeda ini emang tertata dengan begitu memesona. Bagaimana tidak? Tersedia jalur khusus sepeda yang begitu leluasa di ibukota Belanda ini. 

Warga Amsterdam yang menggunakan sepeda didukung oleh sarana memadai salah satunya jalur dengan bentang lebih dari 400 km. Selain itu, tersedia juga tempat parkir kan lampu lalu lintas khusus untuk pengendara sepeda.

Pengendara sepeda di Amsterdam sangat dihargai. Terlihat dari berbagai fasilitas yang diberikan oleh negara, unik sekali bukan?

Salah satu parkiran sepeda di Amsterdam/ istimewa

3. Pengendara Sepeda Diberikan Perlakuan Khusus 

Fakta Amsterdam sebagai kota sejuta sepeda yang tidak kalah unik selain diberikan fasilitas juga mendapatkan perlakuan khusus. Para pengendara mobil ataupun motor selalu mengalah hanya untuk memberi jalan lebih dulu untuk pengendara sepeda. 

Perlakuan ini membuat warga Amsterdam sangat menyukai mengendarai sepeda. Ditambah lagi, dapat memberikan dampak baik untuk mengurangi polusi.

4. Tersedia Parkir Khusus Sepeda

Keunikan Amsterdam, kota sejuta sepeda yang paling lucu adalah banyaknya lahan parker yang dikhsusukan untuk sepeda. Parkiran itu berada di area pinggir Sungai dekat dengan kapal bersandar.

Tak heran jika ke Amsterdam akan menemukan lahan parkir khusus sepeda berada di jalur perkotaan. Tak jarang para pemilik sepeda mengunci dengan gembok plus rantai sepedanya agar tidak dicuri si tangan jahil.

Buat kamu yang tertarik mengunjungi Amsterdam kota sejuta sepeda, rekomendasi sekali untuk menggunakan jasa travel berpengalaman yang memiliki program trip ke Belanda. Salah satunya Cheria Halal Holiday.

Selain dapat wisata halal tanpa perlu khawatir masalah kulineran dan penginapan sekaligus tour guide profesional, ada banyak pilihan paket murah untuk berwisata ke ibukota Belanda ini, sehingga cocok untuk kamu yang mau rombongan ngajak keluarga atau teman.[] 

Get our best recipes & expert tips right into your inbox!

Join over 10k subscribers

By submitting above, you agree to our privacy policy.
Share this post:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *