Jalan-jalan ke 11 Destinasi Wisata Halal di Amerika Serikat

CHERIA | Negara adidaya Amerika Serikat, merupakan salah satu negara maju yang banyak orang memimpikan bisa jalan-jalan ke negeri Paman Sam itu. Termasuk bagi wisatawan Muslim yang ingin menikmati wisata halal ke Amerika.

Sayangnya masih banyak wisatawan Muslim yang kesulitan saat berwisata ke sana, karena minimnya fasilitas yang ramah Muslim. Namun, bagi Anda yang ingin menikmati liburan ke Amerika kini tak perlu khawatir lagi, karena Amerika saat ini mulai menawarkan wisata ramah Muslim, terutama untuk wisatawan Indonesia.

Sejak tahun 2000-an, sudah banyak masjid hingga restoran halal yang bisa dipilih wisatawan muslim. Terlebih lagi, sudah ada travel profesional yang berpengalaman dalam menjalankan tour wisata halal ke mancanegara, salah satunya ke Amerika Serikat.

Berikut beberapa destinasi yang bisa dikunjungi oleh wisatawan muslim, bila ingin wisata halal ke Amerika Serikat:

1. Patung Liberty

Siapa tak mengenal Patung Liberty, bangunan setinggi hampir seratus meter ini terletak di Pulau Liberty, di muara Sungai Hudson, New York Harbor, AS. Patung Liberty ditetapkan UNESCO sebagai Situs Warisan Dunia pada 1984.

Patung Liberty salah satu destinasi wisata unggulan yang banyak dikunjungi oleh wisatawan asing. Terlebih lagi Patung Liberty telah ditetapkan sebagai monumen nasional AS oleh Presiden Calvin Coolidge.

2. Pulau Ellis

Pulau Ellis merupakan bekas stasiun pemeriksaan imigrasi yang terletak di Pelabuhan New York. Antara tahun 1892 dan 1954, lebih dari 12 juta imigran melewati pulau ini dalam perjalanan mereka ke Amerika Serikat. Pulau Ellis merupakan museum yang banyak menceritakan kisah imigran di Amerika.

Selama berada di Pulau Ellis, Anda bisa menjelajahi Gedung Utama, yang merupakan tempat para imigran diproses saat mereka tiba di Amerika. Selain itu, Anda dapat melakukan tur berpemandu di pulau itu, atau naik feri ke Patung Liberty.

3. Museum 9/11

Museum 9/11 terletak di Ground Zero di Lower Manhattan, New York City. Museum ini dibangun untuk mengenang peristiwa 11 September 2001 dan dampaknya pada dunia. Museum ini menyimpan koleksi lebih dari 21.000 bukti-bukti otentik peristiwa, termasuk bukti material, pernyataan saksi mata, serta rekam sejarah insiden 11 September 2001.

Koleksi museum ini meliputi kartu-kartu ucapan yang dibuat oleh keluarga para korban, puing pesawat yang terselamatkan, peninggalan para korban yang diberikan oleh keluarganya, serta karya seni yang dibuat khusus mengenang tragedi tersebut.

4. Masjid 96 Street

Bagi wisatawan muslim, saat ke Amerika juga bisa singgah ke Masjid 96 Street untuk melaksanakan ibadah atau mengenal Islam di Amerika. Masjid 96 Street juga dikenal sebagai Pusat Kebudayaan Islam New York (ICCNY). Masjid yang juga pusat budaya nirlaba ini terletak di 1711 Third Avenue, antara East 96th dan 97th Streets di Manhattan, New York City. Ini adalah masjid yang dibangun khusus pertama di New York City dan tetap menjadi salah satu yang terbesar di kota ini.

Masjid 96 Street adalah landmark penting bagi komunitas Muslim di New York City. Ini adalah tempat ibadah, pendidikan, dan layanan sosial. Masjid ini juga merupakan pusat budaya yang mempromosikan pemahaman dan toleransi antar budaya.

5. Grand Central Terminal

Grand Central Terminal adalah stasiun kereta api bersejarah yang terletak di Midtown Manhattan, New York City. Ini adalah salah satu landmark paling terkenal di kota dan merupakan salah satu stasiun kereta api tersibuk di dunia. Terminal ini dinamai menurut nama perusahaan kereta api New York Central Railroad, yang membangunnya pada tahun 1913.

Terminal ini terkenal dengan aula utamanya yang besar, yang memiliki langit-langit setinggi 120 kaki yang dicat dengan mural yang menggambarkan zodiak. Terminal ini juga memiliki sejumlah fitur ikonik lainnya, termasuk jam Tiffany yang terkenal, tangga utama yang megah, dan ruang berbisik. Grand Central Terminal menjadi tujuan wisata populer.

6. Times Square

Times Square merupakan persimpangan jalan utama dan kawasan pejalan kaki di Midtown Manhattan, New York City. Ini terkenal dengan papan reklame yang terang benderang, pertunjukan jalanan, dan teater Broadway. Times Square adalah salah satu tujuan wisata paling populer di dunia, dengan puluhan juta orang mengunjunginya setiap tahun.

Saat mengunjungi Times Square Anda bisa melihat Broadway, yang menampilkan berbagai pertunjukan, dari musikal klasik hingga drama kontemporer. Begitu juga bisa menjelajahi toko-toko. Ada juga museum lilin yang menampilkan patung selebriti, pemimpin dunia, dan tokoh sejarah.

7. Central Park

Central Park adalah taman kota seluas 843 hektar (341 ha) yang terletak di Manhattan, New York City. Central Park merupakan taman kota paling banyak dikunjungi di Amerika Serikat, dengan perkiraan 40 juta pengunjung setiap tahun. Central Park adalah oasis yang indah di tengah hiruk pikuk New York City. Ini adalah tempat yang bagus untuk bersantai, berolahraga, dan menikmati alam luar.

Taman ini memiliki berbagai fitur, seperti The Reservoir yaitu danau buatan manusia yang digunakan sebagai sumber air minum bagi kota New York. Ada juga taman Hutan, Taman Konservatori, dan Taman Bethesda Terrace. Begitu juga ada beberapa tanah lapang, termasuk Great Lawn, Oval, dan Sheep Meadow.

8. Taman Washington Square

Taman Washington Square adalah taman umum seluas 9,75 hektar (24,1 are) yang terletak di Greenwich Village, Manhattan, New York City. Taman ini adalah taman kota paling terkenal di antara 1.900 taman umum di New York City.

Taman ini dinamai menurut nama George Washington, yang diresmikan di New York City sebagai presiden pertama Amerika Serikat pada 30 April 1789. Dulu merupakan rawa yang diberi makan oleh Minetta Brook, yang terletak di dekat desa India Sapokanikan. Taman ini dirancang ulang pada tahun 1826 oleh arsitek landscapist dan surveyor kota New York, Egbert Ludovicus Viele, dalam gaya pedesaan Inggris.

9. Masjid Al-Hikmah

Masjid Al-Hikmah di Astoria, Queens. Masjid ini terletak di 48-01 31st Avenue, Astoria, NY 11103. Masjid ini dikelola oleh Diaspora Muslim Indonesia dan memiliki jamaah warga Indonesia dan warga muslim perantau dari berbagai negara.

Masjid ini dibangun dari dana yang dihimpun dari komunitas muslim Indonesia di New York, juga dari para pengusaha muslim di Indonesia dan donasi dari berbagai pihak. dahulu upaya yang dilakukan adalah menggelar pengajian dari rumah ke rumah. Hingga akhirnya komunitas Muslim bisa membeli tanah dan mendirikan masjid ini.

10. Pesantren Nur Inka Nusantara Madani

Pesantren Nur Inka Nusantara Madani (PINM) adalah pesantren pertama di Amerika Serikat yang terletak di Moodus, Connecticut. Pesantren ini didirikan oleh Imam Shamsi Ali, seorang cendekiawan Muslim Indonesia-Amerika, dengan tujuan untuk: Mengembangkan dakwah global dan mendukung perdamaian dunia.

Pesantren Nur Inka Nusantara Madani adalah tempat yang bagus bagi siswa Muslim untuk belajar tentang Islam dan budaya mereka. Pesantren ini juga merupakan tempat yang bagus bagi siswa dari semua latar belakang untuk belajar tentang perdamaian dan toleransi.

11. IMAAM Center

IMAAM Center merupakan masjid dan pusat komunitas bagi Muslim Indonesia di Amerika Serikat. Terletak di Silver Spring, Maryland, IMAAM Center menawarkan berbagai program dan layanan, termasuk: Sholat berjamaah, pendidikan Islam, kegiatan budaya Indonesia dan layanan sosial.

IMAAM Center terbuka untuk umat Islam yang ingin berkunjung untuk mendirikan sholat berjamaah atau acara publik lainnya. Masjid terbuka untuk para wisatawan muslim yang menjadwalkan tur atau mempelajari lebih lanjut tentang program dan layanan mereka.

Itulah 11 destinasi wisata halal di Amerika Serikat yang bisa dikunjungi oleh Wisatawan Mulim, sebenarnya masih banyak lagi destinasi yang bisa dijadikan target untuk liburan bersama keluarga. Untuk lebih jelas terkait destinasi mana saja di Amerika yang layak dikunjungi? Silahkan hubungi Cheria Halal Holiday. []

 

 

Get our best recipes & expert tips right into your inbox!

Join over 10k subscribers

By submitting above, you agree to our privacy policy.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *