Perbedaan Wisata Halal dan Wisata Reliji, Berikut Ulasannya

CHERIA | Hai Sobat Cheria, sudah tahukan Anda perbedaan Wisata Halal dan Wisata Religi? Keduanya sekilas ada kemiripan, namun sebenarnya berbeda.

Dua istilah ini kerap muncul dalam dunia pariwisata beberapa tahun terakhir. Hal ini seiring semakin banyaknya wisatawan muslim yang melakukan liburan dengan cara wisata halal. Maklum saja, karena umat Islam salah satu agama yang banyak dianut oleh masyarakat di dunia.

Sebaran umat Muslim di berbagai negara di dunia, berdampak pada perkembangan gaya hidup halal. Oleh karena itu, munculah satu istilah yaitu wisata halal yang bertujuan untuk mendukung gaya hidup halal di setiap destinasi atau muslim friendly.

Wisata halal bukanlah wisata religi. Pada wisata religi, tujuan utamanya adalah untuk beribadah dan mengunjungi tempat-tempat yang berkesesuaian dengan keyakinannya, seperti masjid, kuil, wihara, gereja dan lain-lain.

Sedangkan wisata halal pada dasarnya mirip dengan wisata pada umumnya. Namun, hal yang membedakannya adalah sistem pengelolaan dari wisata tersebut. Di mana setiap destinasi yang dituju adalah pariwisata umum namun dikemas dengan muslim friendly, sehingga wisatawan muslim tidak kesulitan untuk menjalankan kewajibannya, seperti shalat, makanan halal.

Wisata Halal

Wisata halal dalam praktiknya berusaha mematuhi prinsip-prinsip ajaran Islam. Misalnya, soal makanan yang halal, pakaian yang sopan, dan perilaku selama berwisata. Berikut beberapa perbedaan utama dari wisata halal:

  • Konsumsi Menu Makanan

Wisatawan Muslim dalam perjalanan wisata harus memastikan bahwa makanan dan minuman yang mereka konsumsi adalah halal. Menghindari makanan dan minuman yang haram, seperti daging babi atau alkohol.

  • Pakaian yang sopan

Selama perjalanan berwisata, wisatawan Muslim diwajibkan untuk menjaga aurat. Ini termasuk penggunaan pakaian yang sopan dan tidak menggoda.

  • Akomodasi

Wisatawan Muslim cenderung mencari akomodasi yang menyediakan fasilitas yang memudahkan wisatawan untuk ibadah, seperti hotel menyajikan menu halal atau menyediakan ruang ibadah.

  • Jadwal Shalat

Wisata muslim akan mendapatkan update terkait waktu atau jadwal shalat dan tempat ibadah terdekat di setiap destinasi negara tujuan. Hal ini untuk memudahkan wisatawan untuk menyelenggarakan ibadah sholat.

 

Wisata Religi

Wisata religi merupakan wisata yang bertujuan untuk mengunjungi tempat-tempat suci atau bersejarah yang memiliki hubungan dengan agama tertentu. Ini mencakup perjalanan ke tempat-tempat seperti umrah ke Mekah dalam Islam, Vatikan untuk Katolik, wihara untuk Budha dan lain-lain:

  • Tujuan

Tujuan utama wisata religi untuk beribadah atau mendekatkan diri untuk spiritual dengan mengunjungi tempat-tempat suci atau bersejarah yang mereka Yakini sesuai dengan agamanya.

  • Aktivitas Beribadah

Wisatawan dalam wisata religi akan terlibat dalam aktivitas ibadah yang khusus sesuai dengan agama mereka, seperti shalat, ziarah, atau ritual keagamaan lainnya. Panduan ini membantu Anda merencanakan dan menjalani perjalanan wisata religi dengan lebih baik sesuai dengan tujuan dan nilai-nilai agama Anda. Ingatlah bahwa keduanya dapat memberikan pengalaman yang mendalam dan berharga dalam perjalanan spiritual Anda.

Pentingnya Memahami Perbedaan Wisata Halal dan Reliji

Secara garis besar kedua tipe wisata ini sama sama membawa konsep peraturan keagamaan. Hanya saja perbedaan paling terlihat ada pada pelaksanaannya.

Untuk wisata halal menjadi salah satu cerminan perjalanan yang ramah muslim sehingga menyediakan berbagai fasilitas serta pelayanan lengkap untuk umat muslim. Sementara untuk pelancong non muslim tetap bisa menikmati aktivitas dan perjalanan berlibur ini.

Untuk wisata religi merupakan destinasi atau objek wisata yang sifatnya zonasi. Dengan kata lain wilayahnya sudah jadi identitas dari umat beragama tertentu. Misalnya Umrah di Mekah, Katolik di Vatikan, dan lain-lain.

Tentu saja tetap bisa pelancong dari kalangan lain kunjungi dengan mengutamakan tata krama. Kedua jenis wisata ini sekarang cukup populer dan telah banyak orang yang mengikutinya. Baik wisata halal ataupun religi sama sama menarik untuk dicoba.[]

 

Get our best recipes & expert tips right into your inbox!

Join over 10k subscribers

By submitting above, you agree to our privacy policy.
Share this post:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *